Identitas Buku
Ø Judul buku
: Ecological Literacy
Ø Pengarang : Edited by Michael K.Stone and Zenobia Barlow
Ø Tahun Terbit
: 2005
Ø Penerbit
: Sierra Club Books
Ø Part 4 : Action
Ø Penyusunan :
1.
Introduction :
Nandi dan Isti (hal 3-4 )
2.
Dance With Systems (menyatu dalam
sistem) : Isti Restu
Annisa (hal 6-18 )
3.
The Loupe’s Secret :
Muspirah Sayida(hal 18-21)
Looking Closely, Changing Scale
Looking Closely, Changing Scale
4.
Pendidikan di San Fransisco :
Fauziah (hal 21-24
5.
Berkeley Unified school District food
Police : Intan Anugrah
(hal 24-1)
Adopted Agusut 1, 1999.
Adopted Agusut 1, 1999.
6.
The Changing School a Systems : Shanti
Ersina (hal 26-28)
(Mengubah sekolah dalam pandangan sistem)
7.
Biografi Penulis dan Kesimpulan : Zulfitri
Ramdani (hal 28-31)
DAFTAR
ISI
Identitas Buku………………………………………………………………………… 1
Daftar
Isi……………………………………………………………………………..... 2
CHAPTER I INTRODUCTION…………………………………………………....… 3
Introdution …............................................................................................................ 3
Action…………………………………………………………………………………. 5
CHAPTER II ANALISIS……………………………………………………………,... 6
2.1 Dance With System
(Menyatu Dalam Sistem)…………………………………….... 6
2.1.1
Sistem Pemikiran Yang Menyatu dengan Sistem……………………………… 6
2.2.2
Nilai-Nilai dalam Sistem Pemikiran…………………………………………… 10
2.2 The Loupe’s Secret: Looking Closely,
Changing Scale……………………………. 18
2.2.1
Bagaimana apabila kurikulum dalam proses belajar dengan menggunakan sistem cara
berfikir loupe ………………………………………………………………………….......... 18
2.2.2
Manfaatnya proses belajar dengan cara berfikir
loupe…………………….... 19
2.2.3
Penyebab dan Penanggulangan Pendidikan yang
Kurang Baik di San Fransisco.. 22
2.3 Berkeley Unified
school District food Policy Adopted Agusut 1, 1999…….....…… 24
2.3.1
Kesehatan sebagai indikator dasar siswa siap belajar…………………....……. 25
2.3.2
Pendidikan kesehatan sebagai manifestasi kepedulian sosial antar generasi
sekarang dan penerus. …………………………………………………………………………. 26
2.4 The Changing School
a Systems (Mengubah sekolah dalam Pandangan Sistem).... 27
2.4.1
Penerapan perubahan sekolah………………………………………..…. 27
2.4.2
Koneksi terputus………………………………………………………….. 28
2.4.3
Pemimpin yang dibutuhkan………………………………………………. 28
2.5 Biografi Penulis……………………………………………………………….. 29
2.5.1
Biografi Michael K. Stone…………………………...……………………… 29
2.5.2
Zenobia Barlow…………………………………………………………… 30
CHAPTER III……………………………………………………………………… 31
Kesimpulan ……………………………………………………………………….... 31
Daftar
Pustaka……………………………………………………………………… 32
CHAPTHER
1
INTRODUCTION
Halaman
ini menjelaskan tentang sekilas hasil pada sepuluh tahun dalam percobaan yang
dilakukan oleh pusat Eoliteracy (CEL). Dasar public yang mendukung pendidikan
berkelanjutan. Pusat Ecoliteracy berlokasi di Berkeley California. Pusat ini
didirikan pada tahun 1995 oleh Peter Buckley, seorang dermawan dengan semangat
dan kepedulian terhadap lingkungan dan dunia pendidikan anak. Fritjof Capra
seorang fisikawan dan penulis, dan Zenobia Barlow.
Kemampuan anak untuk belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat sekolah itu berada, kerjasama antara pengurus sekolah, dan prose pengambilan keputusan. Para reformis menyatakan bahwa prestasi tergantung pada sekolah seperti pemilihan buku,sertifikasi kurikulum, dan penyampaian materi pelajaran.
Pendidik adalah yang mengetahui kemampuan anak untuk belajar, apa yang mereka pelajari sangat dipengaruhi oleh budaya sekolah, hubungan jaringan yang ada disekolah ataupun tempat sekitar peserta didik tinggal , kualitas kepemimpinan bersama, dan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi baik prestasi akademik peserta didik dan kesejahteraan mereka.
Kemampuan anak untuk belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat sekolah itu berada, kerjasama antara pengurus sekolah, dan prose pengambilan keputusan. Para reformis menyatakan bahwa prestasi tergantung pada sekolah seperti pemilihan buku,sertifikasi kurikulum, dan penyampaian materi pelajaran.
Pendidik adalah yang mengetahui kemampuan anak untuk belajar, apa yang mereka pelajari sangat dipengaruhi oleh budaya sekolah, hubungan jaringan yang ada disekolah ataupun tempat sekitar peserta didik tinggal , kualitas kepemimpinan bersama, dan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi baik prestasi akademik peserta didik dan kesejahteraan mereka.
Terdapat
beberapa perspektif dalam buku ekologi ini :
Ø Visi, diwakili oleh tulisan-tulisan di Bagian I,
mengambil pandangan panjang menjadi pemikiran seperti con. Prihatin dengan apa
yang mungkin dibandingkan dengan aspek praktis tentang bagaimana untuk sampai
ke sana. Visi berfokus pada masa depan yang berkelanjutan melalui ide-ide baru,
inovasi, dan kemungkinan kreatif.
Ø Tradisi / Place, ditemukan di Bagian II, adalah
perspektif berkaitan dengan melayani cara-cara hidup tradisional yang terancam
oleh apa yang disebut kemajuan dan pembangunan. Perspektif ini beratnya setiap
keputusan untuk kompatibilitas dengan sejarah masyarakat dan nilai-nilai dan
dampak potensialnya terhadap tanah.
Ø Hubungan perspektif,
terwakili dalam Bagian III. menganggap dampak keputusan terhadap orang lain,
mengingatkan kita bahwa kesehatan masyarakat tergantung pada masing-masing
makan anggotanya yang memadai, terlindung, aman, dan adil diobati. Melihat
dunia dari perspektif ini berarti peduli bahwa semua orang yang dikenal oleh
orang lain, diakui untuk kontribusi mereka terhadap komunitas, dan termasuk
dalam keputusan yang mempengaruhi mereka.
Ø Dari perspektif Aksi, yang mencirikan tulisan di Bagian
IV, hasil materi, dan keputusan hasil dari strategi yang menilai biaya,
hambatan. dan sumber daya masyarakat.
Ketika keprihatinan semua perspektif didengar, masyarakat adalah yang dapat mencari solusi untuk perbaikan keseluruhan sistem. Sebagai contoh, ketika seseorang dengan perspektif Visi mungkin bertanya apa hasil jangka panjang solusi akan terlihat seperti, seseorang dengan perspektif Action lebih cenderung mengatakan, "Apa yang kita lakukan pertama kali? Apa yang kita lakukan setelah itu ? Siapa yang akan membayar untuk itu? "
Ketika keprihatinan semua perspektif didengar, masyarakat adalah yang dapat mencari solusi untuk perbaikan keseluruhan sistem. Sebagai contoh, ketika seseorang dengan perspektif Visi mungkin bertanya apa hasil jangka panjang solusi akan terlihat seperti, seseorang dengan perspektif Action lebih cenderung mengatakan, "Apa yang kita lakukan pertama kali? Apa yang kita lakukan setelah itu ? Siapa yang akan membayar untuk itu? "
Menurut analisis saya pada halaman ini menjelaskan tentang pendidikan berkelanjutan, perlu adanya perubahan dalam sistem pendidikan agar tujuan pendidikan bisa tercapai, banyak faktor yang mempengaruhi pendidikan berkelanjutan, diantaranya lingkungan masyarakat, lingkungan tempat sekolah itu berada.
ACTION
(tindakan)
2
Dance With Systems (menyatu dalam sistem
)
v Bagaimana
sistem pemikiran kita dapat menyatu dengan sistem
v Nilai-Nilai
dalam sistem pemikiran
3
The Loupe’s Secret: Looking Closely,
Changing Scale
v Bagaimana
apabila kurikulum dalam proses belajar dengan menggunakan sistem cara
berfikir loupe
v Manfaatnya
proses belajar dengan cara berfikir
loupe.
4
Pendidikan di San Fransisco
v Penyebab
dan Penanggulangan Pendidikan yang
Kurang Baik di San Fransisco
5
Berkeley Unified school District food
Policy Adopted Agusut 1, 1999
v Kesehatan
sebagai indikator dasar siswa siap belajar
v Pendidikan
kesehatan sebagai manifestasi kepedulian sosial antar generasi sekarang dan
penerus.
6
The Changing School a Systems (Mengubah
sekolah dalam Pandangan Sistem)
v Penerapan
perubahan sekolah
v Koneksi
terputus
v Pemimpin
yang dibutuhkan
Ø Biografi
Penulis
v Biografi
Michael K. Stone
v Biografi
Zenobia Barlow
CHAPTER
II
ANALISIS
2.1 Dance with system (Menyatu Dengan
sistem )
2.1.1
Sistem Pemikiran yang Menyatu dengan Sistem
Donella
(dana) meadows,
yang meninggal pada tahun 2001,
merupakan
salah satu pakar pemikir besar
dan berbesar hati, yang dikaruniai system pemikiran
dan pergerakan yang berkelanjutan. Dimana dia mengantisipasi
dan membantu untuk menginspirasi pada tahun 1972 ketika ia menulis sebuah karya (batas untuk petumbuhan), Harvard Ph.D di biofisika, dia adalah seorang profesor di dartmounth,seorang
analisis system, seorang petani organik, seorang penulis, Dan seorang wartawan.
Dia membantu berpendapat
bahwa lembaga dan kelompok Balaton
harus berlanjut.
Sebagaimana dalam "Dance
with system " tunjukkan,
meadows
mengkombinasi analisis secara mendalam dan ketelitian dengan kerendahan hati dan kemampuan
untuk
menjelaskan hal-hal yang kompleks secara
sederhana, seperti bentuk prosa yang sederhana namun sangat bermakna.
Dia mempraktekkan kualitas
yang dia katakan , untuk hidup
sukses dalam dunia systemnya
dibutuhkan :
§ kemanusiaan yang penuh dengan rasionalitas
§ kemampuan
kita untuk memilah kebenaran sistem dari kepalsuan
Dengan
menggunakan sistem pemikiran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai, dengan
seperti itu kita sudah memiliki kemampuan untuk memilah kebenaran dari
ketidakbenaran, atau menyimpang dari nilai-nilai yang ada pada sistem yang ada.
§ Intuisi
Intuisi
dalam hal ini dapat diartikan sebagai daya fantasi (hayal) kita yang baik dan
benar yang dapat merealisasikan sistem kerja yang baik,
§ Tidak
hanya dari kemampuan saja tetapi kita juga perlu memiliki kasih sayang
untuk
menciptakan sebuah sistem yang baik, tidak hanya dibutuhkan kemampuan saja
tetapi dibutuhkan sebuah kasih sayang, seperti pada sebuah sistem pembelajaran
yangada dikenal, seorang guru yang baik, tidak hanya mempunyai kompetensi yang baik saja,untuk sebsaja, tetapi dia
harus mempunyai rasa kasih sayang terhadap peserta didiknya, agar terciptanya
sistem hubungan yang baik antara pendidik dan peserta didik.
§ visi
dan moralitas
sebuah
sistem yang baik harus mempunyai sebuah visi yang baik, yaitu tujuan yang
direncanakan yang hendak dicapai oleh sebuah sistem tersebut, dan atas
perencanaan sistem pemikiran yang telah dipikirkan matang-matang, dan telah
melalui hasil pengambilan keputusan yang mufakat, tidak hanya visi (tujuan)
saja yang harus dimiliki oleh sebuah sistem yang baik, tetapi harus memiliki
moralitas atau aturan moral yang baik juga, yang sesuai dengna aturan-aturan
yang berasal dari pusat, seperti sistem dalam satuan pendidikan yang harus
mempunyai visi untuk tujuan yang hendak dicapai oleh sekolah tersebut, tetapi
sekolah tersebut juga harus memiliki aturan-aturan yang berlaku untuk sistem
yang ada disekolah tersebut yang sesuai dengan aturan yang berasal dari pusat.
Ciri-ciri system yang baik itun berasal dari rancangan meadows
untuk sebuah bab dari
buku sistem berpikir yang
dia kerjakan pada waktu sebelum
kematiannya.
(rekan-rekannya
di lembaga
menyelesaikannya
berfikir untuk mengedit dan mempublikasikan sebanyak mungkin
dari proyek yang belum selesai
dikerjakannya) Bahkan saat belum selesai pun, "dance
with system" mengungkapkan keanggunan pemikiran penulisnya.
Ini sudah dipublikasikan pertama kali dari majalah diseluruh bumi, musim dingin
2001..
Kesalahan
sistem pemikiran pada orang-orang yang bekerja atau hidup di dunia industry
mereka selalu beranggapan bahwa analisis sistem dalam interkoneksi yaitu
menganalisis sebuah sistem dengan menggunakan informasi dari berbagai jaringan
dan komplikasi dalam kekuatan computer yaitu sebuah sistem itu terlalu
bergantung kepada kekuatan computer (kelebihan computer) dan sistem pemikiran
yang sudah ketergantungan pada anggapan itu, menganggap itu adalah kunci untuk
memprediksi dan mengontrol sebuah sistem. Dan ini merupakan kesalahan yang ada
pada pola pikir orang-orang di dunia industry, yang bergantung pada kunci untuk
memprediksi dan mengontrol, sehingga ketika kunci prediksi dan control tersebut
sudah tidak berfungsi atau terdapat kendala, itu akan menghambat kerja sistem.
Dalam dunia pendidikan pun sering terjadi kesalahan, seperti dalam dunia
industry, karena sistem pemikiran pada
dunia pendidikan saat ini tergantung kepada teknologi yang canggih, sehingga
sistem berfikir dengan manual, itu dianggap kurang mendukung dan sulit untuk
berkembang, dan menghambat sistem proses pembelajaran, tetapi sebenarnya masih
banyak media lain yang dapat membantu sistem pemikiran kita seperti buku, atau
pun observasi langsung ke lapangan, itu akan membuat sistem pemikiran menjadi
lebih ktreatif dan lebih termotivasi untuk lebih berfikir, dan kita dapat lebih
menyatu dengan sistem tersebut.
Polosnya
sistem pemikiran kita, kita lebih tertarik oleh apa yang kita lihat melalui
pandangan baru kita, kita lebih menganalisis dengan sistem pemikiran kita saja,
Kita terlalu mengutamakan kemampuan (kognitif) kita sendiri dengan tujuan untuk
merubah dunia. Tetapi seharusnya tidak hanya aspek kognitif saja yang kita
butuhkan dalam membuat sistem kerja yang baik, tetapi juga aspek afektif dan
psikomorik juga, yaitu sikaf dan keterampilan, dengan seperti itu sebuah sistem
pemikiran tersebut tidak akan hanya menjadi sebuah sistem pemikiran saja tanpa
realitas, itu akan menghasilkan sistem kerja yang baik.
Dalam mengorganisir diri
masing-masing, itu memang sulit, seperti siswa yang memiliki karakter yang
berbeda setiap individunya, tetapi secara keseluruhan Sistem pemikiran mereka
hanya dapat dimengerti dengan cara yang paling umum, dan sulit untuk dimengerti
secara khusus. Cara yang paling umum itu adalah sistem pemikiran mereka itu
tujuannya adalah untuk mewujudkan masa depan secara tepat dan mempersiapkan
dengan sempurna agar mampu terwujud. Ide dapat membuat sebuah sistem yang
kompleks, sehingga anda sebagai seorang guru
dapat memberikan suatu motivasi dengan kepada siswa dan membimbing siswa
untuk mewujudkan masa depan yang telah mereka rancang dengan sistem
pemikirannya tersebut, sehingga mereka dapat mengambil keputusan sementara
(hipotesis) atau keputusan akhir mereka dalam menentukan langkah mereka.
Ia
mengatakan sistem pemikiran mereka dapat diarahkan, ada banyak hal yang harus
dilakukan dari hal yang berbeda dari biasanya di lakukan. Karena masa depan itu
tidak dapat diprediksi, tetapi dapat dipikirkan dengan sistem pemikiran yang
terperinci dengan baik. begitupun dengan sistem tidak dapat dikontrol, tetapi
sistem dapat dirancang dengan baik dan didesain ulang sedemikian rupa sehingga
dapat terwujud sistem kerja yang di rencanakan. kita tidak dapat memprediksi
dunia ke depannya akan menjadi seperti apa, dengan apa yang akan terjadi
kedepannya seperti apa, tetapi kita bisa
mengharapkan dan mencoba merealisasikan cita-cita kita dan belajar dari
mereka yang telah sukses. Begitupun kita
tidak dapat memaksakan kehendak (keinginan) kita kepada sistem agar sistem yang
ada dapat sesuai dengan sistem pemikiran kita, tetapi kita dapat belajar dari
apa yang telah dikita dapatkan dari sebuah sistempendidikan dan kita dapat
memperbaiki sistem tersebut dengan belajar dari kesalahan yang ada, atau
manfaat dari sebuah sistem kita dapat mengambil nilai-nilai positif yaitu
seperti nilai-nilai kerjasama yang baik yang bisa mendatangkan atau
menghasilkan sesuatu yang lebih baik daripada yang bisa dihasilkan oleh
kehendak kita sendiri. Karena kita dapat mengontrol sistem, tetapi kita dapat
bekerjasama dan menyatu dalam menjalankan sistem.
Sistem
pemikiran itu dapat dianalogikan seperti berkebun yang menggunakan sistem
pemikiran yang menghasilkan buah yang baik, dari bermain music yang menggunakan
sistem pemikiran yang akhirnya menghasilkan nada-nada dengan irama yang indah ,
dan dari bermain ski yang menggunakan sistem pemikiran yang menghasilkan
teknik-teknik yang indah dalam bermain ski.
Jadi sebuah sistem pemikiran itu harus dapat menciptakan sebuah
sistem kerja yang baik, seperti dalam
dunia pendidikan guru merancang dengan sistem pemikiran untuk membuat
perencanaan dalam mengajar, dan guru pun harus meralisasikannya sistem tersebut
melalui proses pembelajaran, sehingga sistem pemikiran itu terwujud menjadi
sistem kerja yang baik.
Untuk
dapat sukses didlam dunia sistem ini membutuhkan kemampuan lebih dari kemampuan
kita untuk menghitung, jadi kita harus memiliki kemampuan yang dapat menunjang
kita dalam mempelajari sistem, karena mempelajari sistem itu bukanlah hal
mudah. Hal ini membutuhkan membutuhkan rasa kemanusiaan dan rassionalitass yang
penuh, kemampuan kita untuk memilah kebenaran sistem dari kepalsuan sistem yang
ada, intuisi (daya khayal )kita yang baik dan benar yang dapat merealisasikan
sistem kerja yang baik, tidak hanya dari kemampuan saja tetapi kita juga perlu
memiliki kasih saying untuk sebuah sistem pemikiran ini, bahkan visi dn
moralitas juga diperlukan dalam hal ini yaitu tujuan sistem pemikiran untuk
kedepannya untuk dapat direalisasika dengan baik dan menghasilkan suatu sistem
yang berinovasi dan tetap memiliki batasan-batasan nilai moral yang baik.
Saya
akan meringkas secara umum (system meadows), saya telah menyerapnya dari
pemodelan sistem yang kompleks dan dari hasil observasi dengan pemodel atau
perancangnya. Ini merupakn sebuah pelajaran , konsep dan praktek-praktek yang
membahas disiplin dalam sistem secara begitu mendalam bahwa salah satu dari
sitem dimulai hanya sebagian, itu di anggap
tidak akan sempurna apabila tidak keseluruhan sistem. Untuk penerapannya
tidak hanya pada profesi seseorang guru saja
tetapi dalam semua unsur kehidupan.
ringkasan
ini mungkin tidak lengkap, karena ketika saya merangkum ini saya masih seorang
mahasiswa disekolah sistem, dan ketika itu belum bisa lebih kreatif dalam
sistem berfikirnya. Ada cara untuk menari dalam pemikiran sistem, menari disini
untuk menganalogikan sebuah sistem pemikiran yang harus bisa seperi menari yang
menghasilkan tarian yang indah, begitupun dengan sistem pemikiran yang harus
dapat menghasilkan sistem kerja yang baik. Tetapi untuk pembelajaran awal
disini tidak langsung diperkenalkan kepada sistem pemikiran. Tetapi lebih
kepada kesadaran untuk melakukan proses sitem berfikir tersebut, misalkan dalam
pembelajaran pun siswa tidak akan langsung diajak untuk berfikir, tetapi
diperkenalkan dengan sebuah ide yang akan membuat dia termotivasi untuk
berfikir.
2.1.2
Nilai-nilai
dalam Sistem Pemikiran :
The
Dance (Sistem Pemikiran )
1.
mengikuti irama
Sebelum
anda menggunakan sistem dengan cara apapun, anda harus mengetahui bagaimana
cara berperilaku yang baik terhadap sistem. Bisa dianalogikan seperti berikut,
jika sebuah music atau arung cepat atau fluktuasi dalam harga komoditas, kita
harus dapat mempelajarinya untuk menciptakan nada yang indah dan mengikuti
iramanya . Tetapi jika sebuah music itu di analogikan sebuah sistem social,
kita bukan berfikir bagaimana untuk mengalahkannya, tetapi melihat sistem
bekerjanya, dan awali dengan mempelajari sejarah sistem social yang telah ada
tersebut, belajarlah kepada orang-orang yang pernah dan berpengalaman lebih lama sebelumnya di suatu
sistem social seperti sekolah, agar dapat membantu anda untuk mengetahui apa
yang pernah terjadi pada sistem social yang ada disekolah . jika anda sudah
mengetahuinya, maka anda dapat mempelajarinya anda memungkinkan unntuk membuat
grafik waktu data actual dari sistem tersebut, misalnya seperti perubuahan
sistem social pada sekolah yang ada pada
waktu dan orang-orang sebelumnya dan
pada saat ini anda alami, karena sistem
yang berada di sekolah pasti tidak akan sama dari waktu ke waktu, pasti
akan mengalami sebuah perubahan sistem social.
ketika
memulai sebuah sistem pemikiran dengan perilaku sistem, itu akan memaksa anda
untuk focus kepada fakta-fakta yang telah terjadi di suatu tempat, bukan teori
lagi seperti yang ada pada sistem pemikiran, tetapi perilaku sistem ini lebih
real, bukan hanya sekedar teori, ide, dan harapan-harapan saja.
perilaku
sistem akan memulai mengarahkan pikiran seseorang yang dinamis, yang dpat
berkembang, tidak statis yang hanya monoton tidak ada perkembanga, contohnya
seperti dalam menganalisis itu tidak hanya untuk “apa yang slah ?” yaitu apa
yang salah pada sebuah sistem, tetapi juga untuk “bagaimana kita sampai
disana?” yaitu bagaimna kita bisa terpikir untuk membuat sebuah sistem
tersebut, dan “apa perilaku yang memungkinkan? Yaitu apa perilaku yang
memungkinkan untuk merealisasikan sebuah sistem pemikiran menjadi sistem kerja
yang telah d rencanakan, dan “jika kita tidak merubah sebuah sistem, dimana
sitem itu akan berakhir?” yaitu jika kita terus menoton dalam sebuah sistem itu
sja tanpa melakukan perubahan, dimana sistem itu akan menghasilkan semua sistem
akhir.
2. Dengarkan
Kebijakan Sistem
Kebijakan
dapatmembantu dan mendorong kekuatan dan struktur yang akan membantu sistem itu
dapat berjalan sendiri. Sebelum anda melakukan hal-hal yang akan membuat sistem
yang lebih baik, dan memperhatikan nilai apa saja yang sudah ada dalam sebuah
sistem tersebut, sehingga tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang berlaku
dalam sebuah sistem.
Seorang
teman saya yang bernama Nathan Gray. Ia seorang pekerja bantuan di Guatemalla.
Dia mengatakan kepada saya, bahwa dia frustasi dengan lembaga-lembaga yang akan
membuat sebuah sistem baru yang bertujuan:
-
meningkatkan lapangan kerja
-
meningkatkan kemampuan kewirausahaan
-
dan menarik investor luar
Nathan
menghabiskan waktu berbicara dengan orang-orang di pasar itu, dia bertanya
tentang kehidupan dan bisnis mereka, dia belajar dari orang-orang bisnis yang
dapat memperluas meningkatnya pendapatan. Dan dia pun menyimpulkan bahwa yang
diperlukan oleh penjual-penjual dipasar lokal tersebut itu bukanlah investor
luar, tetapi mdereka membutuhkan investor dari dalam negeri.
Dari
sana kita dapat menyimpulkan bahwa sistempemikiran yang ada tersebut masih terdapat kesalahan
sehingga menjadikan sistem yang ada tidak sesuai dengan yang diharapkan dan
kita harus memperbaiki sistem pemikiran dan sistem yang ada tersebut. Bahwa dengan sistem menciptakan lapangan kerja yang mengundang
investor dari luar itu hanya akan memberikan keuntungan yang banyak terhadap
investor asing. Dari sinilah sistem pemikiran kita harus dirubah, mengapa tidak
investor dari dalam negeri saja ? apakah anak negeri tidak sepintar anak luar?
Untuk itu sistem pendidikan sangatlah penting dan menunjang untuk
generasi-generasi dalam negeri untuk merubah sistem pemikirannya sehingga ia
akan mempunyai kompentensi yang tidak kalah saing dengan orang luar dalam
menciptakan dan menjalankan sebuah sistem kerja di masyarakat nanti.
3. Berani
Mengemukakan Pendapat dan Mengambil Keputusan
Ingat
selalu, bahwa segala sesuatu yang anda tahu dan segala sesuatu yang semua orang
tahu, hanyalah pemikiran atau argument setiap orang. Pemikiran yang anda punya
dapat ditebak oleh orang-orang diluar sana, dan dapat mengundang orang lain
untuk menentang atau puun menyetujui asumsi-asumsi anda dan menambahkan
asumsi-asumsi mereka sendiri yang mengkritik asumsi anda. Sehingga menjadi
suatu pemikiran dan penjelasan yang memungkinkan disebut dengan hipotesis atau
asumsi sementara. Dengan dikumpulkan berbagai hipotesis ataau asumsi dari
mereka, dan semua asumsi yang ada menjadi bahan pertimbangan anda yang
diperkuat oleh bukti-bukti yang menyebabkan anda dapat menyingkirkan dari
asumsi-asumsi yang tidak d perkuat oleh bukti sampai anda memperoleh satudan
melakukan pengambilan keputusan.
Anda
tidak perlu mengajukan sebuah asumsi sama dengan pemikiran sistem yang lain,
meskipun itu merupakan pemikiran sistem yang baik apabila satu tujuan yang
sama, anda dapat mengajukan asumsi yang berbeda namun tetap berkaitan dengantujuan sistem pemikiran. Dengan anda melakukannya
meskipun dalam bentuk apapun, yang terpenting adalah anda dapat berpikir dengan
baik dan jika ada kesalahan dalam sistem, akan akan cepat mengetahui dan
memperbaiki kesalahan tersebut dan anda akan lebih fleksibel dalam merancang
sebuah sistem dan lebih mudah untuk melihat bahwa sistem telah bergeser menjadi
sesuatu asumsi yang baru, dengan seperti itu akan mempermudah untuk melihat
bagaimana untuk mendesain ulang struktur sistem karena itu merupakan suatu keharusan
ketika anda hidup didunia sistem yang fleksibel. sistem berfikir telah
mengajarkan saya untuk mempercayai bahwa ada kelebihan pada intuisi atau daya
khayal berpikir saya dan saya rasionalitas saya berkurang, sehingga bekerja
dengan computer, bekerja di alam dengan orang-orang, dalam organisasi, itu
merupakan sebuah rasionalitas yang selalu menyadarkan saya bahwa ternyata saya
belum siap dalam sistem kerja seperti itu, berbeda dengan sistem pemikiran saya
yang begitu tinggi, dan ternyata dunia ini sangat kompleks, dan saya tidak
mengetahui itu semua, karna saya terlalu mementingkan sistem pemikiran saya
4. Tetap
rendah hati dan Tetap pelajar
Sistem
berfikir telah mengajarkan saya untuk mempercayai bahwa ada kelebihan pada
intuisi atau daya khayal berpikir saya dan saya kurang pada rasionalitas dalam
mewujudkan sistem tersebut , sehingga
ketika menyatu dengan sistem ketergantungan dengan teknologi, menyatu di alam
dengan orang-orang, dan menyatu dalam organisasi, itu merupakan sebuah
rasionalitas yang selalu menyadarkan saya bahwa ternyata saya belum siap dalam
sistem kerja seperti itu, berbeda dengan sistem pemikiran saya yang begitu
tinggi, dan ternyata dunia ini sangat kompleks, seperti dalam dunia pendidikan
pun banyak hal yang perlu diketahui dan diobservasi secara langsung agar kita
tidak hanya merancangnya saja dalam sistem pemikiran kita tetapi kita dapat
bereksperimen.
Seperti
Buckminster Fuller yang menyatakan bahwa Hal-hal yang tepat ketika anda
mempelakari dan menjalankan sebuah sistem adalah diawali dengan langkah-langkah
kecil, kemudian pemantauan secara konstan pada sistem yang telah dikerjakan,
sehingga terlihat apabila ada kemajuan dalam sebuah sistem tersebut, dan
kemauan anda untuk mengubah arah sitem itu apabila terdapat kesalahan dalam sistem
tersebut, karena sebuah sistem itu harus ada perubahan tanpa berlawanan dengan
nilai-nilai yang telah ada dalam sebuah
sistem.
5. Menghormati
dan melindungi informasi.
Seorang
pembuat keputusan tidak dapat merespon informasi yang tidak ia miliki, tidak dapat
merespon informasi secara akurat terhadap informasi yang tidak akurat, dan
tidak dapat merespon dengan cara yangcepat terhadap informasi yang terlambat,
jadi seorang pembuat keputusan ini harus mengumpulkan sebanyak mungkin
informasi agar dia mengetahui segala informasi yang akurat, dan uptodate, agar
dia bisa bisa memilah mana informasi yang sesuai dengan perkembangan sistem
kedepannya, karena menurut saya 99 persen sistem mengalami hal yang tidak beres
karena informasi yang kurang, atau bahkan salah, sehingga terjadi
kesalahpahaman dalam sistem. Untuk itu informasi sangat dibutuhkan dalam
kelancaran sebuah sistem. untuk itu janganlah merusak, menunda dan menyita
informasi yang akan menghambat sebuah sistem kerja, seharusnya anda
memperbanyak informasi untuk dapat membuat sistem menjadi lebih berkembang
lagi, dengan demikian anda dapat membuat sistem bekerja dan berfungsi lebih
baik lagi dan mudah untuk menjalankannya apabila anda dapat memberikan
informasi yang tepat akurat, lebih lengkap dan tepat waktu
6.
Menanamkan Tanggung jawab dalam sistem.
Sistem
yang bertanggung jawab itu mempunyai cara untuk merubah perilaku yang lebih
baik terhadap diri kita sendiri. Ciri
sistem yang bertanggung jawab , dimulai dengan memperhatikan peristiwa pemicu
perubahan pada sistem, apakah terdapat pengaruh dari luar yang mendatangkan
atau menciptakan satu jenis perilaku dari sistem atau kah ada pemicu dan
pengaruh lainnya. itu merupakan salah satu cara untuk dpat mengontrol sebuah
sistem yang telah berjalan, Karena kita
mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap sistem tersebut.
Adanya
“tanggung jawab instrinsik” bisa diartikan sebagai tanggung jawab oraganisasi
dalam sebuah sistem, berarti bahwa sistem ini dirancang untuk memotivasi agar
tumbuh umpan timbal balik atau respon dari pengambilan keputusan secara
langsung dan cepat, dan dipertanggung jawabkan oleh pengambil keputusan.
Dartmounth
College, dia berpendapat dengan menganalogikannya seperti ini
mengurangi tanggung jawab intrinsik ketika mengambil termostat dari kantor
masing-masing dan ruang kelas dan menempatkan keputusan suhu kontrol di bawah
bimbingan komputer pusat, itu dapat diartikan seperti untuk mengurangi tanggung jawabnya dalam
sebuah sistem, ketika mengambil sebuah pendapat masing-masing, dan dia
menyerahkan keputusan dibawah bagian pusat, sehingga dengan seperti itu dia
dapat mengurangi beban tanggungjawabnya karena diserahkan kepada bagian pusat,
dan dia hanya melaksanakan saja. Karena tanggung jawab yang besar akan
berkonsekuensi yang tinggi pula. Dan ketika ketika suatu sistem dengan
pengambilan keputusan tersebut dinilai terdapat kesalahan, itu bukan
diselesaikan dengan konflik yang memanas, tetapi dikoreksi dengan bersama-sama,
dan diperbaiki agar sistem tersebut menjadi lebih baik. Dengan demikian sistem
itu akan berjalan dengan baik dan lancer.
Merancang
sebuah sistem tanggung jawab instrinsik, bisa dianalogikan seperti mewajibkan
semua kota atau perusahaan yang mengeluarkan air limbah ke dalam sungai untuk
menempatkan mereka asupan pipa hilir dari pipa outflow mereka, itudapat
menganalogikan pada sistem pendidikan yaitu bahwa pemerintah pusat mewajibkan
setiap satuan pendidikan harus membuat sebuah sistem dengan kebijakan-kebijakan
yang telah ditentukan dan dapat mempertanggung jawabkannya dengan baik,
Atau
bisa dianalogikan seperti ini bahwa baik perusahaan asuransi atau dana publik
harus membayar biaya medis yang dihasilkan dari merokok atau dari kecelakaan di
mana pengendara sepeda motor tidak memakai helm atau pengendara mobil tidak kencangkan
sabuk pengaman, itu berarti sebuah satuan pendidikan atau sekolah harus dapat
membiayai operasional sekolah dan peserta didik dengan menggunakan dana yang
telah diberikan oleh sistem pemerintah pusat, untuk dijalankan dengan
sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku dan harus dipertanggung jawabkan
dalam pengelolaan sistem tersebut.
7. Membuat
kebijakan umpan balik untuk sistem umpan balik.(Stimulus-Respon)
Presiden
Jimmy Carter memiliki kemampuan luar biasa untuk berpikir dalam umpan balik
atau respon dan dalam membuat kebijakan umpan balik, namun . Sayangnya ia memiliki waktu yang sedikit ,
sehingga sulit menjelaskan kepada pers dan publik yang tidak memahami umpan
balik. Seperti dalam sebuah proses pembelajaran sebagai pendidik harus bisa
sekreatif mungkin menciptakan suasana yang dapat membangkitkan motivasi siswa,
dan membuat siswa penasaran dan rasa ingin tahu siswa yang sulit untuk diajak
berinteraksi sehingga peserta didik dapat merespon, dan terjadilah timbal balik
antara pendidik dan peserta didik sehingga terciptalah pembelajaran yang
kreatif inovatif danm tidak monoton.
Carter
juga mencoba menganalogikannya dengan banjirnya imigran ilagel dari meksiko
Karena adanya kesenjangan besar dalam peluang dan standar hidup antara AS dan
Meksiko, bahwa seorang pendidik tidak boleh membeda-bedakan kepada peserta
didiknya dalam hal apapun, tidak boleh pilih kasih kepada siswanya, karena hak
sebagai siswa itu sama harus mendapat kesempatan dan perlakuan yang sama
mengapa
sistem itu bersifat dinamis, karena sebuah sistem itu pasti mengalami perubahan
dan perkembangan, sehingga sistem itu tidak dapat diatur oleh aturan yang
statis, yang monoton tanpa ada perubahan. Karena akan lebih mudah dan lebih
efektif jika kebijakan itu dirancang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sistem
tersebut. Terutama di mana terjadi kesalahan, kebijakan adalah mengubah,
memperbaiki, dan memperluas sistem tersebut. seperti dalam sebuah satuan pendidikan akan lebih
baik dengan sistem yang desentralisasi, yaitu dengan per satuan pendidikan
merancang sebuah sistem yang tentunya harus sesuai dengan acuan yang telah
ditentukan, dengan seperti itu akan lebih mudah untuk menjalankan dan
mengontrol apabila terdapat kesalahan
dalam pengelolaan sistem tersebut, karena disesuaikan dengan sistem yang
dibutuhkan pada satuan pendidikan tersebut
8.
Perhatikan apa yang penting, bukan hanya
apa yang dapat terukur.
Budaya
kita, lebih terobsesi dengan nilai angka, ini memberikan gagasan kepada kita
bahwa kita lebih penting mengukur yang bisa diukur dari pada yang tidak bisa
diukur, seperti dalam penilaian sebuah sistem lebih mementingkan kuantitas dari
pada kualitas, pada mutu akan lebih penting dari pada jumlah. Seharusnya ketika
sistem tersebut dilihat kurang baik atau tidak proposional, dan dapat merendahkan
moral, merendahkan rasa kemanusiaan, jangan dibiarkan sistem itu tetap
berjalan, tetapi hentikan dan buatlah perubahn agar sistem itu bisa lebih baik
dan sesuai dengan nilia-nilai keadilan , demikrasi, keamanan, kebebasan,
kebenaran, dan kasih sayang.
9. Mengutamakan
untuk kebaikan keseluruhan.
Jangan
memaksimalkan bagian sub sistem dari sistem, dan sementara sistem keseluruhan
diabaikan, Sehingga sistem itu tidak berjalan secara efektif dan efisien.
Kenneth Boulding pernah berkata, bahwa jangan meninggalkan kesulitan yang besar
untuk mengoptimalkan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan sama sekali.
Jadi menurutnya kita tidak boleh meninggalkan sistem secara keseluruhan ketika
sistem itu dalam keadaan tidak baik, dan lebih mengutamakan dan mengoptimalkan
bagian sub sistem yang sebetulnya itu tidak terlalu berperan penting, bahkan
sama sekali tidak berperan penting dalm kelangsungan sistem itu, atau bisa juga
di artikan sebagai, kita tidak boleh mementingkan kepentingan sendiri diatas
segalanya, dari pada kepentingan bersama dalam
pengambilan keputusan dan keberhasilan sistem, karena dengan demikian
sebuah sistem itu bertujuan untuk meningkatkan sistem total property, yaitu
sistem secara keseluruhan, yaitu untuk meningkat kreativitas, stabilitas, keragaman,
ketahanan dan kelanjutan suatu sistem itu, apakah sebuah sistem itu dapat
bertahan dan di ukur dalam waktu berapa lama.
Ketika
Anda berpikir tentang sistem, menghabiskan sebagian besar waktu Anda dari sudut
pandang yang memungkinkan Anda melihat seluruh sistem, bukan hanya masalah yang
mungkin telah menarik Anda untuk fokus untuk memulai sebuah sistem. Dalam
sebuah sistem akan banyak perubahan yang dialami, sekalipun itu dalam jangka
waktu yang pendek, perubahan itu ada yang berdampak terhadap kebaikan
keseluruhan atau sebaliknya, terkadang perubahan yang membawa kebaikan atau
kemajuan untuk bersama pun dapat bertentangan dengan sebagian dari sistem
lainnya. Tetapi meskipun begitu bahwa bagian-bagian sistem itu tidak akan dapat
bertahan apabila tanpa sistem keseluruhan. Seperti dalam sebuah sekolah yang
mempunyai sistem, apabila kita mementingkan salah satu sub sistem dari sekolah,
maka sekolah tersebut tidak akan bisa menjalankan sistem keseluruhan dengan
baik.
10. Memperluas
cakrawala waktu
Cakrawala waktu ini adalah jangka waktu antara masa
lampau, masa kini, dan masa depan. Jadi apa yang terjadi pada masa kini, yaitu
sekarang ini adalah efek hasil dari keputusan yang dibuat oleh generasi
sebelumnya, dan efek hasil keputusan di masa depan adalah hasil dari keputusan
generasi dimsa sekarang ini. Jadi cakrawala waktu ini dapat meluas dengan
generasi generasi selanjutnya. Misalkan dalam sebuah sistem politik di
Indonesia, masa orde baru adalah hasil dari keputusan pada sistem masa orde
lama, dan masa reformasi ini adalah hasil dari keputusan sistemorde baru, atau
bisa juga dalam sistem sekolah misalnya kurikulum 2004 itu adalah hasil
keputusan dari sistem kurikulum 1994, dan kurikulum yang akan dicanangkan
baru-baru ini adalah kurikulum 2013 adalah keputusan sistem kurikulum 2004 itu,
dan akan berlanjut seperti itu kedepannya karena meluasnya cakrawala waktu.
11. Memperluas
Cakrawala Pemikiran
Defy
discipline, untuk memahami sistem itu, anda harus belajar dari semua ilmu,
tanpa harus membatasi batasan ilmu seperti ekonom, psikologi, atau pun teologi
dan ilmu-ilmu lainnya. anda harus mempelajari secara keseluruhan tanpa
membatasinya, anda dapat menintegrasikan atau mempelajari secara terpadu
keseluruh ilmu yang ada, lebih baik apabila mendalami semua ilmu-ilmu tersebut
agar dapat memperluas cakrawala pemikiran anda, sehigga sistem yang anda
ciptakan nanti akan lebih berkembang dan lebih baik dari sistem-sitem yang
telah ada, tanpa bertentangan dengan nilai-nilai yang ada.
Anda
dapat melihat seluruh sistem ilmu lebih, tidak hanya dalam sistem ilmu itu saja
(interdisipliner). Anda dapat menyatukan berbagai disiplin ilmu dan
menghubungkannya dengan masalah nyata yang harus diselesaikan atau gejala
social yang ada. Itu dpat digunakan dengan tujuan memecahkan masalah, sehingga
masalah dalam sistem dapat terselesaikan dengan tuntas menggunakan berbagai
disiplin ilmu.
12. Memperluas
cakrawala moral
Hidup
sukses dalam dunia sistem yang kompleks itu berarti memperluas tidak hanya
horizon waktu dan cakrawala berpikir, itu juga berarti memperluas cakrawala
moral. Sistem itu tidak hanya membutuhkan waktu, pemikiran, tetapi moral juga,
karena sebuah sistem akan berhubungan, seperti contohnya tidak ada manusia yang
dapat terpisah dengan ekosistem global (alam sekitarnya), tidak ada ekonomi
global berhasil jika lingkungan global gagal, begitu pula dengan hasil dari
proses sistem pembelajaran disekolah, adalah anak yang berkompetensi,
berketerampilan dan bermoral baik. Itu merupakan aspek-aspek yang sangat
penting ada dalam sebuah sistem, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor
yang seimbang akan menghasilkan generasi penurus yang bik dimasa depan.
13. Budayakan
Kompleksitas (Keberagaman)
Sistem
itu dinamis (berkembang) tidak statis (diam), oleh karena itu sistem
menciptakan keberagaman bukan keseragaman,perbedaan itu bukan untuk
disintegrasi, tetapi untuk membuat semuanya menjadi beragam namun tetap satu
tujuan dalam sistem, seperti di Indonesia itu beragam, suku dan ras tetapi
perbedaan itu merupakan ciri khas, meskipun begitu mereka beragam dalam suku
dan ras, tetapi mereka seragam dalam tujuan. Begitu pun dengan sistem
pendidikan setiap satuan pendidikan berhak untuk membuat rancangan pembelajaran
masing-masing tetapi tetap pada satu acuan standar kompetensi.
Tetapi
terkadang dalamsistem pemikiran itu banyak
yang satu pemikiran, tetapi dengan perkembangan sistem yang ada ituakan
merubah sistem pemikiran juga, sehingga sistem pemikiran beragam atau argument
yang beragam,tetapi jangan jadikan perbedaan sebagai masalah, tetapi jadikan perbedaan
atau kompleksitas sebagai ciri khas yang indah.
14. Berpegang
teguh pada tujuan kebaikan.
Contoh
perilaku manusia yang buruk dalam sistem itu selalu diperbincangkan dan
dibesar-besarkan oleh media, dan ditegaskan oleh budaya dan aturan, bahwa
perilaku itu salah, dan terkadang dijadikan ciri khas kesalahan. Padahal
sebenarnya msih banyak contoh perilaku yang baik yang hampir diabaikan dan tidak diperhatikan.
Terdapat kesenjangan dapat memandang perilaku buruk dan baik dalam sebuah
sistem, misalnya dalam sebuah sistem social dimasyarakat. Yang diperliihatkan
hanyalah pemimpin yang tidak bermoral dan tidak bertaanggung jawab, moral anak
sekolah yang tidak baik, perilaku yang buruk lebih terlihat menonjol dari pada
perilaku yang baik, padahal massih banyak prestasi-prestasi pemimpin dan anak
bangsa yang patut dibanggakan. Untuk itu kita sebagai pengelola sistem harus
bisa berpegang teguh kepada kebaikan, kita harus dapat merubah cara pandang dan
sistem berfikir sebuah sistem agar lebih baik untuk kedepannya.
2.2
The
Loupe’s Secret: Looking Closely, Changing Scale
2.2.1
Bagaimana apabila kurikulum dalam proses belajar dengan menggunakan sistem cara
berfikir loupe dengan proses The Private
eye.
Dalam
proses belajar Loupe ini menjelaskan bagaimana kita berfikir secara analogi
untuk melihat bumi dan sekitar . untuk
Program Private Eye akan mendorong Anda, siswa dan rekan ke dalam drama dan keajaiban
mencermati dunia, berpikir dengan sebuah analogi, mengubah skala dan berteori.
Dirancang untuk mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi agar berpikir,
kreativitas, literasi dan literasi sains - alat The Private Eye yang sederhana
dan menghasilkan bakat-bakat yang baik.
Anda akan menggunakan benda sehari-hari, seperti kaca pembesar perhiasan
dan pertanyaan-pertanyaan sederhana
untuk mempercepat dalam berfikir. Anda akan menemukan bagaimana The Private Eye
membangun kebiasaan observasi ketat dan penyelidikan di seluruh mata pelajaran.
Anda akan belajar bagaimana menggunakan loupe untuk mencermati lingkungan yang
ada dibumi ini. Bersama dengan tiga
pertanyaan yang kuat dapat mengubah kurikulum. Anda akan melihat contoh tulisan
mahasiswa, menggambar dan berteori sebagai proses dengan lebih dari 200 rencana pelajaran dan
ide-ide yang terkandung dalam pelajaran tersebut. Proses Private Eye membangun
komunikasi, pemecahan masalah, dan keterampilan konsentrasi karena
berkembang dalam pikiran interdisipliner. Sehingga anda akan
mengubahnya dalam proses belajar tersebut dengan sebuah analogi loupe.
Karena siswa-siswa dan anak-anak akan
dapat lebih mengamati, mencari dan mencari benda-benda didalam lingkungannya
kemudian kembali dan melihat lagi dan lagi. Ini memperkuat pengamatan dengan
meminta siswa untuk menggambarkan sebuah objek tersebut, setelah itu anda dan
siswa akan berfikir kritis dari manakah asal mula benda-benda yang ada di bumi
ini. Dan anda akan mulai berfikir lebih dalam untuk mencari dan mengubah suatu
ukuran tersebut sehingga menjadi sebuah objek yang dapat anda cermati. Adapun
di sisi lain belajar dengan cara loupe anda akan mulai termotivasi dan selalu
ingat dengan apa yang anda sudah dapat sehingga memiliki keinginan untuk
menciptakan dan menemukan hal-hal yang baru di dalam bumi ini. Dan anda dapat
memahami dengan permasalahan yang terjadi didalam bumi ini, dan menjadi sebuah kebiasaan berfikir dan
mencermati, dalam hal apapun, seperti dalam mata pelajaran dan lain
sebagainya.
Kenapa
harus dilakukan dengan cara loupe,
karena untuk dapat mengintensipkan konsentrasi dan memperluas
pengalaman-pengalaman terhadap pengamatan anda dalam mengamati benda-benda alam
dan buatan manusia, sehingga anda dapat sensitivitas terhadap para penulis dan
para ilmuan yang membuat sesuatu hal yang baru menjadi yang menakjubkan.
2.2.2
Manfaatnya proses belajar dengan cara
berfikir loupe.
Manfaat dari proses belajar dengan cara
berfikir loupe sangat banyak, karena dari prosesnya loupe tersebut kita dapat
mengetahui bahwa pentingnya lingkungan hidup untuk kehidupan kita sangat
penting dan kita harus dapat menjaganya dengan baik, apabila lingkungan rusak
maka sekitar lingkungan akan ikut rusak.
Ada
beberapa kasus terhadap lingkungan yang terjadi yaitu sadar keadilan lingkungan,
Contohnya
dalam kasus daerah-daerah penduduk atau
pemukiman yang terkena oleh limbah-limbah industri karena selama didirikannya
perusahaan industri akan terdapat bahan kimia yang beracun, pestisida, asbes
dan lain sebagainya, dengan seiringnya waktu mereka dapat menyebar diseluruh
daerah penduduk atau pemukiman, mencemari lingkungan-lingkungan yang berdekatan
sehingga lingkungan tersebut terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya. Dan
penduduk tersebut mulai tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Sehingga
bagaimana cara kita untuk mempertahankan hidup itu adalah membangun dan
memelihara lingkungan sekitar. Yang berarti kita dapat menghormati integritas
budaya dan hak-hak dasar masyarakat untuk menentukan nasib sendiri. Selain itu
kita dapat melihat bahwa semua itu melibatkan keadilan lingkungan. Karena dalam
hal inilah masyarakat diseluruh dunia tidak memilikinya akan kesadaran terhadap
keadilan lingkungan. Setelah kejadian didalam lingkungan tersebut, bahwa kita
sebagai mahasiswa antropologi mulai mengetahui akan pentingnya budaya dan
lingkungan hidup, dan saya mulai sukarela
dan mulai bergabung dengan organisasi lingkungan, dimana kita lebih
banyak belajar lagi tentang isu-isu
didalam keadilan lingkungan dan mulai menjadi lebih peka terhadap kprihatinan
yang terjadi dalam penduduk atau lingkungan tersebut.
pada
saat itu kita mulai sadar dan mulai memutuskan antara lingkungan dan gerakan
keadilan lingkungan, yang mencari sebuah kelompok/komunitas masyarakat
lingkungan hidup untuk mendukung bahwa lingkungan penghijauan dan penanaman
pohon sangat penting untuk dilakukan dan jangan sampai tercemar lagi oleh zat-zat
bahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada tumbuhan.
Maka
dari itu apabila kita mulai membangun proses belajar didalam pendidikan keadilan lingkungan, kita dapat membuat suatu
rancangan pemberdayaan dalam program pendidikan sehingga kita dapat memperkenalkan
suatu lingkungan kehidupan yang ada disekitar kita agar mereka dapat
mengetahuinya bahwa lingkungan dan budaya itu sangat penting untuk ditanamkan
dalam kehidupan.
Sebab
sebuah Americorps yang bekerja di LEJ mengatakan oranglain dapat melindungi apa
yang mereka cintai, apabila kita sendiri tidak dapat mengenali apa yang kita
sayangi, maka akan banyak yang peduli terhadap apa yang mereka cintai, dan kita
sendiri tidak dapat mengaksesnya dengan baik didalam memelihara perubahan. Sehingga didalam makna tersebut dirancang
untuk membantu kaum muda untuk dapat mengenali dan mengartikulasikan apa yang
mereka sukai atau menemukan cara untuk melindungi hal-hal yang muncul selama
bertahun-tahun termasuk masyarakat, tanah, anak-anak, kesehatan dan lain
sebagainya.
Sebab
apabila terdapat atau terjadi didalam perubahan sosial dan lingkungan itu tidak
hanya muncul dari semangat saja, akan tetapi terhadap konstruksi sosial
biasanya membutuhkan pendukung yang terpelajar dalam ilmu pengetahuan dan
lain-lain. Di sisi lain juga kita dapat mengembangkan dan meningkatkan
keterampilan komunikasi yang kuat dengan kasih sayang yang secara jujur dan
yakin karena kekeluargaan itu sangat penting untuk dilaksanakan.
Dan
pada saat itu kami mulai menekankan terhadap siswa agar lebih menunjukkan
pentingnya dan membiarkan anak-anak untuk mengembangkan hubungan positif dengan
alam sebelum melibatkan mereka dalam ranah politik. Dan Strategi ini melindungi
anak-anak muda dari merasa kewalahan dan tidak berdaya oleh tantangan sosial
dan lingkungan yang kompleks yang diciptakan oleh orang dewasa.
Sementara itu kami mulai menemuakan bahwa
siswa mulai terbiasa mempelajari lingkungannya melalui buku-buku tes tentang
tempat-tempat lingkungan sekitar yang mereka lihat, sehingga mereka dengan
bersemangat melihat gambar dari lingkungannya sendiri. Pada saat mereka mulai
bercerita tentang lingkungan mereka sendiri, kami mulai merasa bahwa mereka
sebagai “ahli masyarakat” yang paling apatis menemukan hal-hal yang mereka
dapat, dan lebih mengamati, kritis, dan kreativitas.
2.2.3
Penyebab
dan Penanggulangan Pendidikan yang
Kurang Baik di San Fransisco
Analisa
berawal dari kurikulum mengenai kesehatan lingkungan local, pencemaran
lingkungan yang di sebabkan oleh galangan kapal, guru ingin melibatkan siswa
dalam menulis latihan sekitar masalah kesehatan tapi banyak dari anak-anak ini
sangat kehilangan haknya telah menyerah pada pendidikan sekolah. Siswa bekerja sama dengan anggota LEJ untuk
mempresentasikan bagaimana akibat polusi yang buruk, efek kesehatan yang
terkait, dan ada yang menarik dada yang terbuka untuk mengungkapkan ketika paru
inhelers diisi. Kemudian ada yang menggambarkan sebuah Negara Afrika, remaja
Amerika yang berdiri di atas gundukan penghisap. mereka benar-benar ingin menyampaikan
kebenaran tentang penyebab kondisi di lingkungan mereka yaitu di San Francisco.
Huan Barragan mengembangkan ide-idenya menjadi model untuk program kepemimpinan
pemuda LEJ. Sejak saat itu program ini telah tumbuh fokus di tiga bidang yang
berbeda: ketahanan pangan, energi
terbarukan, dan restorasi ruang terbuka. LEJ mengembangkan bakat-bakat para
pemuda dalam semua bidang dan mampu mensejajarkan diri dengan orang dewasa
lainnya. Selama dua puluh abad pertama, gerakan peduli lingkungan membuat slogan
yang popular. komunitas ini mungkin dalam beberapa kasus memiliki kesadaran dan
kekhawatiran, karena mereka setiap hari harus menghadapi konsekuensi dari
pengelolaan lingkungan yang buruk.
Program
officer ecoliteracy untuk system pangan menggunakan kurikulum tersembunyi
sebagai upaya untuk berpikir dan bertindak secara berkelanjutan dan tindakan
pemutusan dari konsekuensi, dan kesehatan dari lingkungan. Kemudian pada tahun
1995 Martin Luther King diberi kesempatan untuk menangani makan dengan cara system
keseluruhan Martin Luther King mulai mendapatkan ide selama satu kurikulum
menjalankan ekologi sebagai program makan siang di sekolah bisa mengubah
pendidikan. ia disajikan visi yang berani.yang akhrinya taman sekolah ESY di
kombinasikan dengan kelas memasak kemudian mulai mencari cara untuk membuat
pelajaran ESY menjadi bagian dari kurikulum. sebuah studi Harvard medis sekolah
berbasis ditugaskan oleh CEL untuk menyimpulkan bahwa siswa ESY menunjukkan
keuntungan yang lebih besar dalam pemahaman ekologi, dan kemajuan akademik
keseluruhan yang lebih besar. CEL menganggap serius mengenai sekolah reformis
yang sistematik telah ditemukan pada tahun 1980 sehinnga muncul kesempatan
bekerja untuk tingkat sekolah pada tahun
1988. Sementara itu Brown menjadi konsultan pusat ecolateracy untuk sistem
pangan. Makanan proyek sistem jaringan dan distrik sekolah itu mencatat
beberapa prestasi penting. CEL diingatkan bahwa sistem dramatis perubahan bisa
lambat, pekerjaan jangka panjang. Tiga tahun sudah cukup lama untuk meletakkan
beberapa dasar penting, tetapi perubahan sebesar ini dapat mengambil lebih
seperti sepuluh tahun. CEL terus bekerja dengan sekolah Berkeley. Kolaborasi
ini mencapai tonggak sejarah lain dalam tahun 2004. CEL itu Mengingatkan
prinsip-prinsip ekologi yang mengatur sistem perubahan untuk mencoba mengubah
layanan makanan. Keburukan makanan sekolah dan sistem pangan lokal sulit untuk
mengubahnya, karena mereka tertanam dalam pendidikan, sistem ekonomi, dan
politik yang lebih besar menyiram pada gilirannya mencerminkan tren di kalangan
mereka dengan sentralisasi, industrialisasi, standardisasi, dan globalisasi.
Sistem
pangan sekolah, setidaknya di Amerika Serikat yang hidup dengan solusi satu
tujuan menghasilkan masalah baru. Sekolah distrik "memecahkan"
kekurangan dana yang kronis dengan menuntut layanan makanan impas, pada subsidi
pemerintah minimal untuk makan anak-anak miskin, dan menawarkan untuk ke
sekolah-sekolah lainnya. Untuk menghemat uang, sekolah meninggalkan persiapan
padat karya makanan segar dan memecahkan masalah anak kekurangan gizi dengan
melayani makanan preprocessed dan beku yang
telah dikirim Ribuan mil, pembakaran bahan bakar fosil dan pemakaian polusi
udara di sepanjang jalan. Sekolah memecahkan prestasi akademik miskin dengan
mengeluarkan mandat pengujian lebih standar dan lebih jam di kelas
kadang-kadang dengan memperpendek siang dan periode latihan, meskipun pendidik
tahu bahwa siswa kurang gizi berkinerja buruk.
Pusat
ini juga mendukung upaya-upaya untuk menciptakan kurikulum seluruh sekolah yang
dimulai dengan melayani makanan yang melengkapi daripada pelajaran kelas
bertentangan sebagai laboratorium untuk pengajaran sains, matematika, atr, ilmu
sosial, subjek lainnya banyak. Isu keberlanjutan harus didekati dari berbagai
arah dan di banyak levels. CEL bekerja dengan sistem pangan memuncak pada tahun
2004 dalam proyek yang disebut “memikirkan kembali makan siang di sekolah.”
Proyek ini membahas mengenai maslah yang saling terkait, termasuk gizi,
fasilitas, pengadaan, keuangan, pengelolaan limbah integrasi kurikulum. Hal ini
menawarkan kebijaksanaan dan pengalaman dari para pakar dan praktisi, dan
menyediakan distrist dan sekolah dengan alat yang dapat digunakan, dimulai
dengan panduan yang tersedia di website-nya (www.rethikingschoollunch.org)
Pusat berharap bahwa sumber daya tersebut akan menginspirasi dan melayani
gerakan baru lahir untuk mendefinisikan kembali peran makanan di sekolah dan
untuk berhubungan kembali dengan masyarakat peternakan, makanan dengan
kesehatan masyarakat. dan kurikulum sekolah dengan pengalaman siswa. sekolah
memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesehatan siswa sambil membantu mereka
memahami konsep gizi dan kesehatan mengalami kenikmatan makanan yang baik,
perintah untuk membangun kebiasaan seumur hidup makan yang baik. Pada saat yang
sama sekolah dapat mendidik untuk keberlanjutan dengan apa yang mereka ajarkan
di kelas dan dengan bagaimana mereka melayani sebagai model yang dapat
mengarahkan melayang ke arah sentralisasi, industrialisasi, standardisasi, dan
globalisasi dan bergerak menuju diversifikasi sadar, sistem skala manusia
keanekaragaman hayati dan budaya serta berbasis masyarakat ekonomi.
2.3
Berkeley
Unified school District food Policy Adopted Agusut 1, 1999
2.3.1
Kesehatan sebagai indicator dasar siswa siap belajar
Bahwa
telah kita ketahui kesehatan sangat berperan penting bagi semua orang, selain
itu juga kesehatan sangat berpengaruh bagi berlangsungnya proses pembelajaran,
khusunya siswa. Banyak sekali departemen pendidikan dan kebudayaan usaha
kesehatan yang menyatakan bahwa kesehatan yang khusunya di dunia pendidikan
sekolah merupakan salah satu upaya membina dan mengembangkan kehidupan yang
sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan, sehingga dapat
menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas.Salah satunya di Berkeley,
Dewan pendidikan disana lebih mementingakan dalam masalah kesehatan contohnya
sarapan.
Dewan
pendidikan di Berkeley sangat begitu mengakui adanya hubungan kesehatan dan kemampuan
siswa, karena hal tersebut salah satu tujuan pendidikan agar siswa tersebut
bisa lebih fokus dalam kegiatan belajar.Di Berkeley sendiri memeastikan bahwa
setiap siswanya tidak ada yang kelaparan, sehingga di setiap sekolah harus sudah
tersedi amakanan baik itu sarapan, makanan siang dan snack.Sehingga siswa
tersebut siap untuk belaja rmengembangkan potensi mereka dan tentunya di
Berkeley mereka mengurangi harga makanan, entah itu sarapan, makan siang dan
snack. Sehingga siswa yang perekonomian keluarganyan
rendah masih bisa menikmati makannan sehat dan dipastikan dalam makanan
tersebut gizi, selain
harganya terjangkau dan bergizi, makannan tersebut haruslah segar dan lezat dan
tidak heran di Berkely adalah salah satu cerminan keragamaan budayaan mereka
masing-masing . hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh masyarakat dan pelajar (siswa) sehingga dapat membangun dan memelihara kebiasaan makan seumur hidup
yang sehat. Dewan pendidikan mengatakan bahwa dalam peran sekolah dalam upaya kesehatan adalah suatu komunitas
yang berperan sangat besar untuk meningkatkan kesehatan keluarga,
pertanian berkelanjutan,
semua siswa dll.
Dan di dalam pembagian makanan adalah suatu cara untuk membangun persahabatan dan tali persaudaraan, hal tersebut adalah salah satu keragamaan dari budaya kita.
2.3.2
Pendidikan kesehatan sebagai manifestansi kepedulian social antar generasi sekarang dan generasi penerus.
Marilyn Brigss adalah salah satu pusat Ecoliteracy tentang pekerjaan
system pagan dan sekolah. Suatu permasalahan
yang berhubungan dengan makanan sekolah memerlukan perhatian
yang benar-benar serius,
bahwa telah kita ketahui kesehatan dan dunia pendidikan begitu sangat penting.
Marilyn Briggs mengadakan sebuah
program yang dimana di sekolah tersebut menyediakan makan segar dari pertenakan lokal, siswa tersebut dapat mengunjungi langsung kelapangan sehingga siswa tersebut dapat mengetahui kulaitas atau gizi makanan sekolah,
selain bermanfaat bagi siswa juga dapat membantu pertenakan lokal
agar tetap ekonomis.
Menurut departemen kesehatan dan layanan kemanusiaan pada pola makanan yang buruk akan berdampak pada bertambahnya terhadap kematian
yang cukup banyak khusunya di Amerika.
Salah satu cara
yang paling sistematis dan efisien untuk meningkatkan kesehatan adalah membentuk pola perilaku yang sehat dan makan makanan yang bergizi. Sehingga seluruh sekolah menyediakan cakupan pendidikan gizi agar siswa tersebut mengetahui bertapa pentingnya kesehatan khusunya dalam dunia pendidikan.
Contohnya menghubungkan nutrisi dengan kurikulum,
siswa-siswa yang sedang melakukan
proses belajar mereka tidak akan fokus dalam belajar ketika peru tmereka merasa lapar karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup di rumah, Maka dari itu bertapa pentingnya sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas. Pelayanan gizi harus diberikan kepada semua siswa dari tingkat dasar samapai tingkat atas dan sekolah atau rumah harus menyediakan makanan bergizi atau makanan ringan serta menarik perhatian anak tersebut,hal ini akan mendukung hasil kesehatan yang positif bagi semua
orang (anak). Masalah seperti ini harus menjadi permasalahan
yang cukup serius dan perlunya mendapatkan dukungan dari berbagai kalang
yang bergerak dalam bidang kesehatan dan gizi
,sekolah dan peran
orang tua. Selain itu sekolah harus bias menghubungan antara sekolah dengan pertanian karena selain makanan tersebut masih segar,
siswa juga dapat membantu petani setempat dalam dunia perekonomian
yang bersaing di agribisnis. Seorang peneliti bahwa akan lebih baik jika anak-anak makan dalam waktu yang tenang dan suasana
yang menyenangkan, ini akan merangsang pola makan yang baik, Peran orang tua juga sangat berpengaruh contohnya orang tua menyediakan makana yang bebeda-bedadan menu yang
berbeda ini akan menarik perhatian anak dalam makanan. Peran orang tua harus mempunyai
banyak keterampilan dalam memasak dan
menyajikan makanan untuk anak. Dalam
perubahan kebijakan pangan harus merencanakan program pengembangan profesional
untuk suatu pelayanan makanan. Hal tersebut untuk membuat perubahan di masa
sekarang dan di masa mendatang.
Bahwa dari
analisis yang saya baca, sarapan itu suatu kebutuhan yang sangat penting
untuk menjalani proses belajar, karena sarapan itu hal
yang perlu diterapkan untuk kesehatan siswa-siswa agar mereka tidak mudah untuk
terserang penyakit. Selain itu apabila sarapan tidak diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari maka akan berdampak yang kurang baik dan siswa-siswi tidak akan
fokus atau konsentrasi dalam belajarnya.
2.4 The Changing School a Systems (Mengubah
sekolah dalam pandangan sistem)
Setelah kami membaca buku tersebut kami
dapat memahami bahwasannya di dalam buku tersebut diterangkan bahwa para
penulis banyak yang membayangkan bahwa dalam melakukan perubahan suatu
kelembagaan begitu sulit dan sangat menantang. Dan bagi mereka memahami
sistemik adalah cara untuk menghadapi kesulitan tersebut. Seperti contoh dalam
buku ini yakni; Ann Evans, seorang aktivis
pendidikan yang telah bekerja, baik di dalam maupun di luar birokrasi
pendidikan Negara. Ann Evans menggunakan sistem berpikir di sini untuk
menjelaskan hambatan yang melekat dalam sistem pendidikan dan beberapa strategi
untuk mengatasinya.
Evans juga adalah sorang konsultan
nutrisi dengan Departemen Pendidikan California. Dia membantu kabupaten sekolah
dalam mengembangkan program-program, yakni meniru The Edible Schoolyard di
Barkele, yang intregated antara taman sekolah, kafetaria, dan ruang kelas. Dia
melayani di sebuah tim yang mengawasi sembilan kabupaten sekolah piloting
pengembangan nutrisi yang sehat dan pendidikan lingkungan fisik melalui proyek
oleh Departemen California Pangan dan Pertanian dan yang dikelola oleh
Departemen Pendidikan.
Seorang mantan walikota Davis
California, Evans mendirikan Coup Makanan Davis dan Farmer Market Davis. Di
dewan komisaris dia sebagai server. Sementara dengan negara Departemen Urusan
Konsumen, dia membantu mendirikan kerangka hukum untuk sistem California pasar
bersertifikat petani dan koperasi makanan. Dia adalah mitra dalam sebuah
perusahaan khusus makanan kecil, Evans & Main, yang membuat dan memasarkan
produk dari buah di Negara Yolo yakni peternakan praktek pertanian
berkelanjutan. Dia menjabat sebagai kolumnis pada makanan dan pertanian untuk
Enterprise Davis dan Penulis Bioregional di kediaman dengan University of
California di Davis. Di tahun 2004, ia mendirikan Yolo Slow Food.
Dari buku tersebut bahwa artikel ini
didasarkan pada pembicaraan Evans pada seminar Bioneers Conference 2003 tentang
program pertanian ke sekolah, yang disajikan oleh Pusat Ecoliteracy. Sebagai
sebuah peternakan advokat sekolah, dia menawarkan nasihat praktisnya kepada sesama aktivis.
2.4.1
Penerapan perubahan sekolah
Perubahan sistemik di sekolah berarti
mengubah lingkungan pendidikan, struktur, pola komunikasi, nilai-nilai, dan
prioritas. Ini berarti menghubungkan kembali bagian yang rusak dari sistem
pendidikan kita. Sekolah adalah salah satu lembaga yang lebih konservatif dari
lembaga-lembaga demokrasi masyarakat kita, dan karena itu paling lambat untuk
diubah. Bagi kita yang ingin membuat perubahan dalam sistem ini harus bermitra
dengan para pendidik profesional. Ini adalah bagian sistem mereka yang kita
masukkan. Dalam melaksanakan tentang kebutuhan untuk perubahan, penting juga
dalam mempertahankan rasa rendah hati ketika kita mendekati system orang-orang
baik yang telah menciptakan, dengan niat baik, selama periode yang panjang
waktu.
2.4.2
Koneksi terputus
Operasi distrik sekolah umumnya dibagi
menjadi dua "sisi rumah" sisi bisnis, di mana sekolah pelayanan
makanan, pemeliharaan dan operasi, personil, dan fungsi anggaran tinggal, dan
pendidikan (atau kurikulum dan pengajaran) sisi, di mana segala sesuatu yang
terjadi dalam kelas berada. Mereka biasanya membutuhkan komunikasi yang sangat
sedikit untuk mendapatkan pekerjaan mereka selesai. Jadi ketika kita Bintang
salking sistemik (tentang makanan sebagai kurikulum atau pengurangan limbah
sebagai kurikulum, misalnya), kita menghubungkan kembali bagian ke keseluruhan,
dan kita perlu membangun komunikasi sirkuit baru sebagai kebijakan, seperti
kebijakan pangan, fungsi yang pada tingkat yang lebih tinggi organisasi (dewan
sekolah atau kantor pengawas) yang kedua sisi laporan rumah. Ini adalah proses
yang memakan waktu lain yang berpotensi, tapi mungkin satu diperlukan.
Kadang-kadang tingkat struktur yang lebih tinggi yang bisa membuat upaya
sebagai perubahan lebih mudah tidak ada, setidaknya belum.
2.4.3
Pemimpin yang dibutuhkan
Seorang pemimpin yang dibutuhkan adalah
seseorang yang mempunyai karakter bijaksana, terampil dalam bekerja, percaya
diri dalam merancang sesuatu serta berani mengambil resiko dengan apa yang
sudah dirancangnya atau diprogramkan . Pemimpin yang dibutuhkan juga dituntut
untuk jujur, karena dia harus menghargai kepada orang-orang yang sudah
mempercayainya.
2.5 Biografi Penulis
2.5.1
Michale K. stone
Michael K. Stone adalah
editor senior di pusat
ecoliteracy dan penulis utama dari buku itu.
Ia sebelumnya redaktur pelaksana earth
magazine dan millennium
whole earth catalog. Dia telah menulis untuk berbagai publikasi, termasuk Times Newyork dan Toronto
Star, dan
ia melayani theon seorang
stafs Letnan Gubernur illinois dan
Dewan Kesenian illinois. ia adalah anggota pendiri
fakultas di perguruan
tinggi dunia barat di California utara, di mana ia mengarahkan program budaya, dan perubahan dan ia
menjabat sebagai
wakil presiden akademik.
2.5.2
Zenobia barlow,
seorang pendiri pusat ecoliteracy ia
telah menjadi
direktur eksekutif
pusat sejak
ecoliteracy didirikan, menyediakan kepemimpinan dalam menerapkan teori ke praktek dalam filantropi pendidikan
yang berkomitmen untuk keberlangsungan. dia telah merancang strategi untuk
mendorong pengertian ekologi dan adat di K-12 pendidikanm ia sebelumnya menjabat sebagai direktur eksekutif dari lembaga Elmwood dan
pemikir ekologi dan jaringan internasional utama independen dan aktivis,
sebagai editor eksekutif sebuah perusahaan penerbitan internasional dan sebagai administrasi
pendidikan di universitas Sonoma.
v Kenny
Ausubel
sejak tahun 1990 kenny Ausubel dan nina simons telah merakit Bioneers untuk konferensi tahunan pertemuan para inovator ilmiah dan sosial yang telah menunjukkan visioner dan model yang praktis untuk memulihkan bumi dan orang-orang. Bioneers adalah pelopor biologi yang bekerja dengan alam dan untuk menyembuhkan ourselv. mereka telah mengintip jauh ke dalam jantung sistem kehidupan untuk merancang strategi untuk restorasi berdasarkan instruksi operasi alam sendiri. Mereka datang dari berbagai budaya dan perspektif yang beragam dan dari semua lapisan masyarakat.
Bioneers adalah ilmuwan dan seniman, tukang kebun dan aktivis ekonom dan pegawai negeri, arsitek dan ekologi, petani dan jurnalis, imam dan dukun, pembuat kebijakan dan orang-orang sehari-hari berkomitmen untuk melestarikan suatu pendukung masa depan kehidupan di bumi. Mereka pemberita usia fajar restorasi didirikan pada prinsip-prinsip alam kekerabatan, interpendence, kerjasama, timbal balik, dan masyarakat.
Menyatukan alam, budaya, dan semangat, Bioneers mewujudkan perubahan hati, hubungan spiritual dengan dunia kehidupan yang juga didasarkan pada keadilan sosial. Strategi pragmatis mereka secara efektif mengatasi banyak tantangan yang paling mendesak ekologi dan sosial kita.
Bioneers adalah ilmuwan dan seniman, tukang kebun dan aktivis ekonom dan pegawai negeri, arsitek dan ekologi, petani dan jurnalis, imam dan dukun, pembuat kebijakan dan orang-orang sehari-hari berkomitmen untuk melestarikan suatu pendukung masa depan kehidupan di bumi. Mereka pemberita usia fajar restorasi didirikan pada prinsip-prinsip alam kekerabatan, interpendence, kerjasama, timbal balik, dan masyarakat.
Menyatukan alam, budaya, dan semangat, Bioneers mewujudkan perubahan hati, hubungan spiritual dengan dunia kehidupan yang juga didasarkan pada keadilan sosial. Strategi pragmatis mereka secara efektif mengatasi banyak tantangan yang paling mendesak ekologi dan sosial kita.
v Bioneers
Di atas semua, Bioneers mewakili budaya solusi. Kisah-kisah mereka demonstate bahwa sama seperti orang telah menciptakan masalah lingkungan dan sosial yang kita hadapi, orang juga bisa menyelesaikannya. Melalui kemitraan timbal balik dengan alam. Berulang mereka menunjukkan betapa besar perbedaan tindakan satu individu dapat membuat.
Konferensi Bioneers adalah "tenda besar" di
mana orang-orang dari berbagai bidang yang berbeda namun terkait datang
bersama-sama. Pertemuan lintas poliinates kedua isu dan jaringan dan berfungsi
sebagai titik tumpu untuk memotong tepi ide, sumber daya, dan koneksi. Konferensi
ini telah melahirkan beberapa proyek lain yang menyampaikan budaya bioneer
inspirasi kepada publik yang lebih besar:
· Mentransfer Bioneers siaran hidup bagian dari konferensi Bioneers
ke situs mitra sebagai
focal point sekitar
yang mereka mengatur konferensi mereka sendiri yang menangani isu-isu lokal dan
masyarakat enhace upaya pengorganisasian.
· Para Bioneers serial radio: revolusi dari jantung kodrat
menampilkan wawancara pribadi dan presentasi yang dinamis dari konferensi
Bioneers. Setiap tahun, Bioneers menyediakan tiga belas program setengah-jam
gratis ke stasiun secara radio publik di seluruh negeri dan di seluruh dunia.
Pada tahun 2003 seri memenangkan wrldmedal perak bergengsi untuk keunggulan
dalam pemrograman lingkungan dari Festival Internasional Kompetisi Pemrograman
radio Newyork. Pada tahun 2002, seri menerima worlmedal perunggu sebuah adalah
seorang finalis untuk Departemen PBB Umum Penghargaan Informasi. Setiap seri
yang tersedia untuk pembelian dalam format CD dari Bioneers.
·
Website
Bioneers (www.bioneers.org) menawarkan sumber yang kaya informasi yang
dapat diakses dan koneksi ke berbagai kelompok kunci lain
dan individu yang bekerja untuk pemulihan ekologi dan keadilan sosial.
·
Bioneers
dengungan adalah buletin elektronik bulanan yang menyajikan berita dan
update pada kegiatan jaringan Bioneers. Ini tersedia
dengan berlangganan thriught website.
Bioneers surat, newsletter dua tahunan bagi anggota
Bioneers, fitur artikel, update program,
dan bagian kalender dan jaringan.
·
Para
Bioneers inisiatif pemuda mengintegrasikan kaum muda ke dalam jaringan Bioneers
dan membantu membangun konektivitas di antara aktivis
muda tahun Bioneers sepanjang aktif mendorong pengembangan jaringan hidup yang
mendukung dan memperluas peluang bagi orang-orang muda yang mencari untuk
menciptakan masa depan yang restoratif.
·
Bioneers
menyajikan lokakarya pelatihan yang dipimpin oleh praktisi atas pertanian
berkelanjutan dan restorasi ekologi untuk membekali
petani dan tukang kebun dengan keadaan pengetahuan seni pada maju metode
pertanian ekologis.
CHAPTER
III
KESIMPULAN
Donella
(dana) meadows adalah salah satu pemikir
dan pemilik hati yang besar yang mengadakan sistem pemikiran dan gerakan
untuk keberlanjutan.
Nilai-nilai
dalam Sistem Pemikiran menurut Donella (Dana) Meadows yaitu mengikuti
irama, Dengarkan kebijaksanaan system, Berani Mengemukakan Pendapat dan
Mengambil Keputusan, Tetap rendah hati dan Tetap belajar, Menghormati dan
melindungi informasi, Menanamkan Tanggung jawab dalam system, Membuat kebijakan
umpan balik untuk sistem umpan balik
(Stimulus-Respon), Perhatikan apa yang penting, bukan hanya apa yang
terukur, Mengutamakan untuk kebaikan keseluruhan, Memperluas cakrawala waktu,
Memperluas cakrawala pemikiran, Memperluas cakrawala moral, Budayakan kompleksitas
(keberagaman),Berpegang teguh pada tujuan kebaikan.
Dalam
proses belajar Loupe ini menjelaskan bagaimana kita berfikir secara analogi
untuk melihat bumi dan sekitar . untuk
Program Private Eye akan mendorong Anda, siswa dan rekan ke dalam drama dan keajaiban
mencermati dunia, berpikir dengan sebuah analogi, mengubah skala dan berteori.
Dirancang untuk mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi agar berpikir,
kreativitas, literasi dan literasi sains - alat The Private Eye yang sederhana
dan menghasilkan bakat-bakat yang baik.
Proses Private Eye membangun komunikasi, pemecahan masalah, dan keterampilan
konsentrasi karena berkembang dalam
pikiran interdisipliner.
Perubahan
sistemik di sekolah berarti mengubah lingkungan pendidikan, struktur, pola komunikasi,
nilai-nilai, dan prioritas. Sekolah adalah salah satu lembaga yang lebih
konservatif dari lembaga-lembaga demokrasi masyarakat kita,oleh karena itu bagi
kita yang ingin merubah system sekolah menjadi lebih baik maka kita harus
bekerja sama dengan pendidik professional untuk meningkatkan mutu system dunia
pendidikan. Seorang pemimpin yang dibutuhkan adalah seseorang yang mempunyai
karakter bijaksana, terampil dalam bekerja, percaya diri dalam merancang
sesuatu serta berani mengambil resiko dengan apa yang sudah dirancangnya atau
diprogramkan .
Daftar Pustaka
Caine
Learning, P.O.Box 1847. Idylwild. CA 92549-409-659-0152, 888-452-2803 (toll
free)
”the
website of renate and Geoffrey caine, Leadera an application of Brain/maind
research to teaching and learning”.
center
For Food and Justice, Urban and Enviromental Policy Institute, Mail stop M-1,
Occidental College,
1600
campus Rd., Los Angeles, CA
90041-323-259-2991, http: // department of the national farm-to-school programs
Commercial
Alert , 4110 SE Hawthorne Blvd., #123, Prtland,OR. 97214-5426-503=235=8012
Community
Alliance With Family Farmers, P.O. Box 363. Davis. CA 95617-530-756-8512
Community
Food Security Coalition, P.O. Box 209. Venice CA 90294-310-822-5410
the
edible schoolyard, Marthin Luther King Middle School
1781
Rose St., Barkeley, CA 94703-510-558-1335, www.edible schoolyard.org
Fairview
Gardens., P.O. Box 396. Goleta, CA 93116-598 North Fairview ave., Goleta , CA
9337-805-967-7369., Founded by Michael Ableman
Food
and Society Initiative, W.K. Kellogg Foundation, One Michigan Ave. East, Battle
Creek Ml. 49017-4012-269-968-1611., www.wkkf.org
Funders
For Suistuinable Food Systems, 4223 WASHINGTON St., 4th Floor, San
Fransisco.
Greenaction
for Health & EnvironmentalJustice, One Hallidie Plaza, Ste. 760, San
Fransisco CA 94102-415-248-5010., www.greenaction.org,
Reccomended by Dana Lanza
Literacy
for Environmental Justice, 800 Innes Ave., Unit 11, San fransiscoCA
941124-415-282-6840, www.lejyouth.org
rthinking
School Lunch, A project of the center for Ecoliteracy., 2528 San Pablo Ave.,
barkeley, CA 94702-510-845-4595., www.rehinkingschoollunch.org
Suistinable
Gsriculture and food Sytems Funders Environmrntal Grantmakers Association 11
W.Pedregosa St., Santa Barbara, CA 93101-805-867-0551,. www.stsf.org
Youth
United For Community Action (YUCA), 1848bay Rd, East PaloAlto., CA
94303-650-322-9165., www.youthunited.net,
recommended by Dana Lanza
Center
for Ecoliteracy. The edible Schoolyard. Barkeley, CA : Learning in The Real
World, 1999.
Articles And Periodicals
Fullan,
Michael, Al Bertani, and Joanna Quinn “Neew Lessons for Districtwide Refor”.
Educational Leadership. April 2004: 42-46
Stone,
Michael K. “ A Food Revolution in Barkeley” whole earth magazine, Spring 2002:
38-52
Wheatley
Margareth J “ Bringing School Back to Life : School as Living System “In
creating Succesful School Systems: Voices from from the university, the field,
and the community edited by Francis M. duffy and Jack. D, Dale, Norwood MA:
Christopher-Gordon Publisher, 2001.
Publication Credits
“Dancing
with the system”, from whole word magazine, Winter 2001. Copyright 2001 point.
Reprinted with permission
“finding your own Bioregion” from discovering your
life place :a first bioregional workbook by Peter Berg. Planet Drum books,
1995. Reprinted with permission
“it
changed everything We thought We could do”. Adapted from “solving for pattern:
the starw Project” whol word magazine, Spring 2001. Copyright 2001 point.
Reprinted with permission
“the
loupe’s secret”, adapted from the private eye. 2003, 1998, 1992, by Kerry Ruef.
The private eye project. Reprinted with permission
“
On Watershed Education” from River of words, Pamela Michael, ed. 2003. Robert
hass. Heyday books. Reprinted with permission
“Place
and Pedagogy”, reprinted by permission from ecological literacy: education and
the trantition to a post modern world, by David W. Or, the state University of
Newyork Press 1999 State University of Newyork. All right reserved.
“The
power of words” and “ values”from ecology- a pocket guide, by ernest
callenbach. 1998 Ernest Callenbach. University of California Press. Reprinted
with permission.
“
solving for patter” from the gift of goodland, by Wendell berry. Copyright 1981
by Wendell berry. Reprinted by permission of North Point press a division of
farrar. Strauss and Giroux.
From
“helping children fall in love with the earth”, in part II : “ the art of
creeks”, Lyle loder friedman, 1996 River of words: “reflection”, Lindsay Ryder,
1999 River of Words “Return”, celia La Luz, 2003 River of words”Rockefeller
wildlife Preserve: Mid-august” Kevin Maher, 200 River of Words: “Us men” Eric
Wismann, 200 River of words :Untitled Poem by Clarence Adams, 2004 River of
words.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar